Jumat, 04 Juni 2010

PROGRAM BILINGUAL di BPK PENABUR Jakarta

TKK BILINGUAL
Tujuan Pembukaan Program TKK Bilingual

Sebagai lembaga pendidikan Kristen yang terkemuka di Jakarta, BPK PENABUR menyadari panggilannya dalam hal pendidikan berkualitas, yaitu menjadi sekolah kelas dunia yang unggul dalam iman, ilmu dan pelayanan. Sebagai salah satu upaya mewujudkan pendidikan berkualitas, BPK PENABUR Jakarta membuka program TKK Bilingual dengan tetap memperhatikan landasan yuridis pendidikan anak usia dini.



Program TKK Bilingual bertujuan untuk memperkenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa dunia kepada anak-anak dalam usia sedini mungkin dengan cara yang interaktif, menyenangkan dan sesuai tingkat perkembangan anak (developmentally appropriate).


Kurikulum

Dengan bangga kami mengimplementasikan kurikulum nasional yang dikembangkan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak seutuhnya dalam aspek perilaku dan kemampuan dasar. Aspek perilaku meliputi pengembangan moral, sosial dan emosional. Sedangkan aspek kemampuan dasar meliputi pengembangan fisik, kognitif, bahasa (termasuk phonics) dan seni. Anak-anak belajar semua aspek pengembangan melalui kegiatan belajar sambil bermain. Kurikulum program TKK bilingual didesain khusus dan dikembangkan terus menerus sehingga optimalisasi pencapaian indikator hasil belajar pada anak dapat tercapai secara integratif.

Pengembangan moral, sosial, emosional membantu anak-anak berinteraksi dengan lingkungannya, memilih dan menunjukkan reaksi emosi yang bisa diterima, misalnya berdoa, memuji Tuhan lewat lagu-lagu, mengenal dan mencintai makhluk ciptaan Tuhan, menghormati orang lain, bertanggung jawab, menunjukkan percaya diri, mentaati aturan sekolah, menguasai emosi diri serta berinteraksi sewajarnya.

Pengembangan fisik membantu anak-anak berlatih menggerakkan seluruh anggota tubuh melalui latihan kelenturan otot tubuh, kaki, tangan dan jari, misalnya melompat, menendang, membungkuk, menarik garis dan meronce.

Pengembangan bahasa tercapai secara bertahap saat anak-anak berkomunikasi lisan dengan orang lain menggunakan kalimat-kalimat sederhana. Anak-anak akan memahami bahasa tubuh dan kalimat yang diucapkan orang lain (misalnya perintah sederhana ”Ambillah kaos kakimu dan letakkan di keranjang”). Anak-anak belajar mengemukakan keinginan melalui kalimat-kalimat sederhana (misalnya dalam menjawab ya/tidak). Anak-anak memahami arti berlawanan (misalnya panas/dingin, keluar/masuk). Anak-anak belajar mengenal alphabet sebagai dasar belajar berbahasa Inggris melalui pengajaran phonic (Phonic Time), melalui lagu dan bermain (Song and Games) dan melalui program permainan komputer yang interaktif dan khusus didesain untuk anak-anak; yang sekaligus bertujuan memperkenalkan penggunaan komputer. Selain itu, untuk menghadapi era globalisasi anak-anak mendapatkan 30 menit sesi berbahasa Inggris langsung dengan native speaker dan 30 menit sesi bahasa Mandarin.

Pengembangan kognitif membantu anak-anak mengenal dan mengetahui konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, misalnya angka, warna, bentuk dan waktu.

Pengembangan seni membantu anak-anak menggerakkan tubuh yang diselaraskan dengan irama musik, menyanyikan lagu-lagu, memainkan alat musik sederhana dan membuat hasil karya sederhana.

Program Pembiasaan

Kekhususan program TKK Bilingual lainnya adalah menanamkan kepada anak-anak dan seluruh jajaran guru tentang pembiasaan hidup sehat, bersih, santun dan saleh melalui program pembiasaan. Program pembiasaan di jenjang Kelompok Bermain (Play Group) adalah START:

S - Speak Softly : Berbicara dengan suara perlahan
T - Throw rubbish to rubbish bin : Membuang sampah di tempatnya
A - Ask permission when going out : Meminta ijin bila ingin keluar berbicara
R - Raise hand before talking : Mengangkat tangan sebelum berbicara
T - Tidy up after working : Merapikan kembali setelah beraktifitas





Di jenjang TK A (Kindergarten 1) dan TK B (Kindergarten 2) adalah SPARK:



S - Speaks Properly : Berbicara sebagaimana mestinya
P - Praise God all the time : Memuji Tuhan senantiasa
A - be Attentive : Penuh perhatian
R - be Responsible and Respectful : Bertanggungjawab dan Saling menghormati
K - be Kind : Ramah


Tempat Penyelenggaraan Program TKK Bilingual

Sejak tahun pelajaran 2005/2006 BPK PENABUR Jakarta membuka program Bilingual di TKK 6 Kelapa Gading dan TKK 11 Sunrise Garden mulai di jenjang Kelompok Bermain (Play Group). Tahun berikutnya secara berturut-turut menyusul TKK Gading Serpong (2006/2007) dan TKK 3 Cipinang Indah (2007/2008). Pada tahun 2008/2009 ini, program Bilingual memperluas penyelenggaraan di TKK 10 Pantai Indah Kapuk dan TKK Bintaro Jaya.



Guru dan Staff Pendukung

Kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris oleh guru-guru berdedikasi penuh, berpengalaman dan memiliki komitmen terhadap pendidikan anak usia dini. Guru-guru yang mengajar merupakan guru-guru pilihan yang memiliki kemampuan bahasa Inggris dan memiliki kompetensi mengajar anak usia dini. Dengan rasio guru: siswa adalah 1:9 di kelas Play Group/Kelas Bermain; rasio 1:10 di kelas Kindergarten (K1) dan Kindergarten 2 (K2); memungkinkan setiap guru memberi perhatian secara merata dan personal kepada semua anak. Semua guru memperoleh pelatihan penggunaan kurikulum dan pengayaan metodologi mengajar dalam periode tertentu secara rutin.

Guru-guru secara rutin mengikuti pelatihan untuk mempersiapkan mereka dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Pelatihan tersebut dilaksanakan di setiap awal term. Materi yang disampaikan dalam setiap pelatihan, disesuaikan dengan kurikulum pada setiap term. Pada term I, guru-guru mendapatkan pelatihan dengan materi yakni 1). Themes, 2) Cognitive, 3) Phonic, 4) Show and Tell, 5) Plan-Do-Review. Pelatihan tersebut disampaikan oleh Konsultan Pendidikan yang direkrut khusus untuk menangani Program TKK Bilingual.



Program Kegiatan TKK Bilingual

Program TKK Bilingual menyelenggarakan program kegiatan setahun dengan beragam kegiatan ekstra kurikuler yang menarik dan unggulan, yang menciptakan dukungan terhadap pencapaian perkembangan anak. Selain itu terdapat juga program kegiatan untuk orangtua, antara lain seminar, pertemuan orangtua dan guru (Parent-Teacher Meeting), program khusus untuk pengasuh (Nanny Class) dan bahkan program untuk kakek nenek (Grandparent Meeting). Dengan demikian terjadi sinergi antara anak-anak dan orangtua, pengasuh dan bahkan kakek nenek untuk saling mendukung dan mengisi dalam rangka pencapaian maksimal program Bilingual. Seluruh kegiatan dalam program Bilingual didokumentasikan sehingga pada akhir tahun pelajaran setiap anak akan memperoleh rekaman video tentang kegiatan dan hasil belajar serta beragam kegiatan lainnya dalam bentuk VCD yang akan menjadi kenangan yang tak ternilai harganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar